STATUS AWAS GUNUNG API SINABUNG

Aktivitas Gunung Sinabung yang masih menyemburkan debu vulkanik dilihat dari Desa Tiga Pancur, Karo, Sumut, Kamis (7/11).

Aktivitas gunung api sinabung saat ini mengeluarkan Vulkanik dikabupaten Karo, selama 2 hari volume vulkanik semakin menambah secara cepat. Lava pun mengalami penambahan volume kubah yang meningkat sekitar 3 juta meter kubik dan terus mengalami kenaikan dan penurunan.

Dan hingga kini statusnya berubah menjadi awas, bahkan saat ini kondisi disinabung berpotensi terjadi guguran kubah yang terjadi dari puncak kawah gunung. Awan panas pun ikut mengikuti ke selatan sampai ke tenggara sejauh 7 KM, tutur Kepala Pusat Informasi dan Humas BNPB.

Peningkatan yang terjadi pada gunung api sinabung telah dilaporkan oleh Kepala Badan Geologi pada hari Selasa 2 Juni 2015. BNPB menghimbau kepada warga yang bertempat tinggal disebelah selatan sampai tenggara yang berjarak radius 7KM untuk segera dievakuasi.

Apabila terjadi awan panas yang lebih meningkat lagi dan menjadi ancaman yang berbahaya maka akan dilakukan penutupan jalan menuju selatan sampai ketenggara. Jalan yang ditutup meliputi Gurukinayan- Jalan Raya Simpang- Jembatan Lau Bunaken- dan beberapa desa lainnya.

Dari 7 desa yang terkena dampak gunung berapi sinabung serta 1 dusun direkomendasikan untuk segera direlokasi. Kepala BNPB melakukan koordinasi dengan Bupati Karo, polri dan juga unsur lainnya mengantisipasi terkait dengan kenaikan status awas, ujar kepala BNPB.

Gunung api sinabung terus mengalami kenaikan yang fluktuatif yang pernah meletus sejak 15 September 2013 dan hingga sekarang. Dan status awas pun telah diberlakukan sejak 23 November 2013 hingga tahun kemarin sejak 8 April 2014. Setelah peristiwa itu status gunung api menjadi siaga.

Sampai saat ini tidak diketahui sampai kapan gunung api sinabung akan berhenti bererupsi. Fenomena ini sama dengan Gunung Unzen di Jepang yang mengalami erupsi selama 5 tahun lamanya, setelah 200 tahun tidak mengalami erupsi.

Sumber: liputan6

 

banner rj store 5

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply