RUKUN DAN SYARAT NIKAH

images

Menikah termasuk hal yang dianjurkan Rasul, karena dengan menikah akan menghindarkan kita dari dosa zina. Sebelum anda memulai untuk menikah ada baiknya anda mengetahui rukun dari menikah terlebih dahulu.

Rukun nikah diantaranya:

  1. Adanya kedua mempelai yang tidak terhalang keabsahannya yaitu tidak memiliki darah keturuna dan seorang mempelai harus memiliki agama yang sama.
  2. Adanya penyerahan atau ijab yang diucapkan pada wali untuk mengatakan kepada calon suami.
  3. Adanya penerimaan atau qabul yang diucapkan oleh calon suami atau penggantinya yang diberikan wewenang kepadanya.

Sedangkan syarat untuk menikah diantaranya:

  1. Kedua mempelai masing-masing telah ditentukan melalui isyarat, seperti nama atau pun sifatnya.
  2. Adanya kerelaan diantara kedua mempelai.
  3. Akad bagi wanita dilakukan oleh wali dari pihak wanita. Bagian ini semakin kuat dengan sabda Nabi SAW yang berbunyi “ wanita mana saja yang menikah tanpa ada walinya, maka nikahnya batal, maka nikahnya batal, maka nikahnya batal.”
  4. Adanya saksi dalam akad nikah, karena sangat dianjurkan agar setiap pernikahan untuk diumumkan, hadist riwayat Imam Ahmad.

Dan syarat bagi seorang wali diantaranya:

  1. Berakal
  2. Telah baligh
  3. Bukan budak atau merdeka
  4. Memiliki agama yang sama, karena pernikahan tidak sah bila seorang wali berbeda agama dengan calon mempelai.
  5. Adil dan bukan fasik
  6. Laki-laki, karena Nabi SAW bersabda yang artinya “ wanita tidak diperbolehkan menikahi wanita lainnya. Dan wanita tidak boleh menikahi dirinya sendiri. Karena wanita pezina adalah wanita yang menikahkan dirinya sendiri
  7. Bijak dalam artian orang yang mampu mengetahui kesetaraan. Bila mana pihak wanita maka yang menjadi wali dalam pernikahannya adalah ayahnya, atau kakek dari ayahnya. Jika wanita yang ayahnya telah meninggal maka yang berhak menjadi walinya adalah anak laki-lakinya, saudara laki-laki kandung, atau cucu laki-laki dari ayahnya. Jika tidak ada maka penguasa muslim atau wali hakim yang menjadi walinya.

Terima kasih telah membaca artikel diatas, semoga kita semua mampu menjalankan dengan baik apa yang menjadi rukun dan apa yang menjadi syarat. Agar kita dapat terhindar dari dosa.

Sumber: islamqa

banner rj store 5

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply