Mengetahui Penyakit Tulang Pada Tubuh

knowingOsteoporosisTulang merupakan alat gerak pasif karena tidak dapat bergerak tanpa bantuan otot. Berdasarkan jenisnya, ada dua macam tulang, yaitu tulang rawan ( kartilago ) dan tulang keras ( osteon ). Tanpa tulang, tentu tubuh kita tak sanggup tegak berdiri. Tulang sejak mulai terbentuk sejak bayi dalam kandungan, berjalan konsisten hingga dekade keduadalam susunan yang teratur.

Berikut sedikit informasi mengenai penyakit tulang yang terjadi pada tubuh manusia :

  1. Pembengkakan pada ibu jari

Bunions merupakan pembengkakan pada jaringan sendi ibu jari kaki yang menjadi lunak dan sangat sakit. Penyakit ini biasanya menyerang kedua ibu jari kaki pada saat yang bersamaan.
Pembengkakan ibu jari kaki ini terjadi sebagai akibat penggunaan sepatu yang tidak cocok, berujung lancip, atau kesempitan. Sepatu yang sempit itu memaksa dan menekan jari-jari kaki. Tulang sendi jadi menonjol dan lebih mudah mendapat tekanan.

  1. Osteoporosis

Penyakit ini begitu terkenal, karena begitu seringnya terjadi dimuka bumi ini. Osteoporosis akan menyebabkan tulang Anda menjadi rapuh, keropos dan mudah sekali patah. Penyakit ini menyerang orang yang sudah mempunyai umur lanjut.

  1. Kaki Bengkok

Kaki yang bengkok terjadi karena adanya gangguan pertumbuhan tulang pada pusat lutut atau karena tulang itu rapuh. Bisa juga terjadi karena penyakit beri-beri, polio, bahkan lumpuh otak. Berat badan dan kebiasaan duduk di lantai dengan melipat kaki juga dapat membuat kaki menjadi bengkok.
Kaki bengkok yang terjadi pada usia dewasa mungkin disebabkan oleh radang sumsum tulang, patah tulang, tulang sendi yang memburuk, atau penyakit sifilis tulang. Penyakit tulang seperti ini tidak dapat diobati sendiri di rumah namun harus segera ditangani oleh tenaga medis.

  1. Skoliosis

Skoliosis adalah kelainan pada rangka tubuh yang berupa kelengkungan tulang belakang.Penderita yang mengalami penyakit ini mempunyai pertumbuhan tulang yang aneh. Tulang belakang penderita akan tumbuh melengkung ke samping kiri maupun kanan.

  1. Terkilir

Penyakit ini sering sekali terjadi mulai dari yang muda sampai yang tua pernah mengalaminya. Penyakit ini juga bisa disebut kesleo, Terkilir maupun kesleo adalah gangguan yang terjadi pada sendi tulang sehingga menyebabkan tulang menjadi tidak bisa digerakkan atau terjadinya rasa sakit yang luar biasa pada sendi.

  1. Systemic Lupus Erythematosus (SLE)

Systemic Lupus Erythematosus atau Lupus Adalah penyakit anti imun, dimana sistem kekebalan tubuh yang fungsinya melindungi orang tersebut, akan berbalik menyerang tubuh dan melawan dirinya sendiri. Biasanya orang yang menderita lupus akan merasakan ngilu yang luar biasa pada tulang mereka. Penyakit ini belum diketahui obatnya dan sangat sulit difahami oleh beberapa dokter di dunia.

  1. Osteoarthritis

Penyakit ini sebagian besar terjadi pada usia lanjut. Penyakit ini merupakan arthritis yang tidak menimbulkan peradangan pada sendi. Biasanya penyakit ini menyerang sendi pada lengan, pergelangan lutut, kaki, bahu dan pinggul penyakit ini adalah nama lain dari rematik.

Nah, jenis penyakit diatas dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat dan dapat menjaga tulang dengan baik serta juga olahraga yang cukup untuk melatih tulang anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semuaJ

Sumber: doktersehatdotcom

banner rj store 5

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply