KERUSAKAN AKHLAK ANAK DISEBABKAN OLEH AYAH?

pentingnya-peran-seorang-ayah-dalam-perkembangan-anak-anak

Tidak jarang seorang ibu selalu disebabkan sebagai rusaknya akhlak anak, sementara seorang ayah selalu terlepas dari masalah tersebut. Dan sering sekali suami merasa sudha lelah dengan pekerjaan sehingga ia menyalahkan istri sebagai penyebab hal yang terjadi dirumah.

Padahal dalam kitab Tuhfatul Maudud mengatakan bahwa penyebab utama kerusakan akhlak pada anak adalah seorang ayah. Bahkan seorang peneliti psikologi menemukan bahwa peran seorang ayah sangat penting dalam menumbuhkan rasa menghargai dan bangga seorang anak, baik laki-laki maupun wanita.

Salah satu pengaman yang baik yang harus dimiliki oleh seorang anak perempuan agar ia tidak terlibat pada pergaulan seks pranikah adalah peran kedekatan anak kepada sang ayah. Karena anak perempuan perlu mengetahui seperti apa laki-laki yang baik, penyayang dan pengasih.

Karena seorang anak perempuan akan mengenal dunia seorang laki-laki pertama kali adalah dari sang ayah, yaitu bagaimana ia merasa mendapatkan identitas seksualnya serta bagaimana ia diperlakukan baik oleh sang ayah.

Bahkan dari sisi Ward mengatakan bahwa kebiasaan dan sikap seorang ayah dapat mempengaruhi pertumbuhan seorang anak. Karena dari berberapa kejadian negative yang dilakukan anak-anak disebabkan kurangnya kehangatan mereka kepada sang ayah.

Mereka para ayah sering tidak terlibat fisik bagi anak-anaknya, tidak terlibat secara keseluruhan dalam pertumbuhan anak-anaknya dan tidak membuat anak merasa percaya diri.

Hal tersebut sangat menjelaskan betapa pentingnya peran seorang ayah bagi pertumbuhan anak-anaknya. Maka dari itu jangan pernah anggap anak-anak anda bodoh dan selalu salah, karena biasanya sikap seorang ayah yang selalu merasa dirinya paling benar, akan membuat anak-anak anda semakin menutup diri dengan anda.

Mulailah untuk selalu terbuka dan menikmati kebersamaan anda didalam keluarga, karena bukankah bangga jika seorang anak mampu menghargai kedua orang tuanya, dan selalu menjadikan anda orang tua sebagai idolanya.

Sumber: ummionline

banner rj store 5

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply